Senin, 05 April 2010

Cikungunya


Ratusan warga di Pekalongan, Jawa Tengah terserang penyakit cikungunya. Warga yang terserang penyakit ini mendadak lumpuh setelah mengalami demam tinggi.
Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Pekalongan, wabah cikungunya telah menyerang sejumlah desa di tiga kecamatan di Pekalongan. Penyakit cikungunya diantaranya menyerang ratusan warga di Desa Surobayan. Penyakit ini menyerang warga berusia tua hingga anak-anak.
Para penderita cikungunya yang ditemui mengatakan, awalnya mereka mengalami demam tinggi. Setelah demamnya turun seluruh persendian terasa nyeri dan kaku hingga akhirnya mengalami kelumpuhan karena kedua kaki dan tangannya tidak bisa digerakan. Serangan penyakit ini sangat mendadak dan cepat menyebar. Bahkan tidak sedikit satu keluarga yang terjangkit.
Sejumlah penduduk mengatakan, mereka hanya mengobati penyakitnya dengan obat biasa yang dibeli dari warung karena mengira hanya mengalami demam biasa. Warga baru berobat ke Puskesmas setelah mengalami kelumpuhan. Mewabahnya penyakit cikungunya disebabkan kurang bersihnya kondisi lingkungan sehingga menjadi tempat berkembangnya nyamuk penyebar virus cikungunya. Untuk mencegah makin meluasnya serangan cikungunya pihak Dinas Kesehatan Pekalongan akan segera melakukan fogging. (Kuncoro Wijayanto/Sup)
INDOSIAR.COM






Tidak ada komentar:

Posting Komentar